silakan dilihat lihat

Jumat, 10 Juni 2011

memahami bauran marketing


BAURAN
PRODUK
Jakarta, 20 April 2011. Perkuliahan ini berbicara mengenai Positioning dengan Pak Amril Muhammad sebagai pemberi materinya. Pada pertemuan kali itu, beliau banyak menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan produk.
Seorang konsumen maupun produsen pada saat memilih dan menjual suatu barang haruslah memikirkan hal-hal sebagai berikut :
1.  Product attributes, kelengkapan dalam suatu produk
·           Kualitas, dalam suatu produk haruslah memikirkan daya tahan yang dimiliki dalam suatu produk
·           Fitur, tambahan-tambahan sebagai pendukung dalam suatu produk
·           Desain, gaya yang terdapat dalam suatu produk. Contoh : feminin dan sporty
2.  Brand, brand sangatlah penting dalam suatu produk, sebagai tanda dan symbol agar masyarakat dapat mengetahuinya. Brand equity, brand sponsor, dan CO brand.
3.  Packaging, dalam packaging terdapat container (isi) dan wrapper (pembungkus) pada produknya.
4.  Labelling, nama yang sudah melekat padasebuah produk di dalam masyarakat. Orang biasa menyebut AQUA pada air mineral yang diminumnya, padahal yang diminumnya itu ialah VIRO.
5.  Product support service, merupakan pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh perusahaan pada produknya. Misal, handphone yang dibeli telah rusak, maka counter akan memberikan servis terhadap handphone tersebut.

PRICE
UNJ, Jakarta. Pada hari Rabu, 11 Mei 2011 telah dilakukan kegiatan pembelajaran di ruang 307 dengan narasumber Pak Amril selaku dosen mata kulia Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Pertemuan kali itu membahas tentang Pricing, faktor apa saja yang berpengaruh dalam penetapan harga, pendekatan-pendekatan saat menetapkan harga, dll.
Apa itu harga? Harga merupakan sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari kepemilikan atau pengguna jasa. Adapula definisi lainnya, yaitu sejumlah uang yang ditukarkan untuk mendapatkan sebuah produk. Suatu produk sebelum dijual harus ditetapkan harganya terlebih dahulu, agar konsumen dapat mengetahui berapa harga dari sebuah produk yang akan dijual.
Rumus yang dapat digunakan dalam menetapkan sebuah harga ialah sebagai berikut :
COST = Harga pokok
   BB + TKL + OH + Laba
Ket :    BB      = bahan baku
TKL     = tenaga kerja langsung
OH      = overhead

1000 unit                                                                              
10.000.000Bahan baku                                                                    2.000.000
Tenaga kerja langsung                                                                       500.000  +
Overhead                                                                                          12.500.000
Laba 20%                                                                                            2.500.000  +
                                                                                                            15.000.000
Harga 15.000.000 / 1000 unit = 15.000

PROMOTION
UNJ, Jakarta. Pada hari Jumat, 13 Mei 2011 telah dilakukan kegiatan pembelajaran di ruang 307 dengan narasumber Pak Amril selaku dosen mata kulia Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Pertemuan kali itu membahas tentang Place, bagaimana placing dalam institusi pendidikan, marketing promotion + communication, dll.
Perlu diingat, dalam melakukan bisnis tidak hanya melakukan pendistribusian barang atau produk saja, melainkan penting pula melakukan pemasaran promosi dan komunikasikan produk kita kepada khalayak umum agar mereka mengetahui penjualan kita. Dan inilah cara-caranya :
·      Advertising / iklan
Bentuk promosi, gagasan, barang atau jasa yang disampaikan melalui media indoor, outdoor, cetak, audio, audiovisual, dan visual
·      Personal setting
Promosi penjualan yang dilakukan oleh sales, contoh oriflame
·      Sales promotion
Penjualan yang dilakukan oleh perusahaan ke konsumen dengan memberi bonus atau potongan harga dalam jangka waktu tertentu, jadi mempunyai batas waktu jika menginginkan ada potongan
·      Public relation
Proses membangun hubungan baik antara perusahaan atau sekolah dengan masyarakat atau konsumen untuk membangun citra positif perusahaan di mata masyarakat. Public relation juga digunakan untuk mengatasi masalah-masalah negatif yang mungkin muncul dari masyarakat atau melakukan kegiatan-kegiatan tertentu (event) untuk membangun image.

PLACE
UNJ, Jakarta. Pada hari Jumat, 13 Mei 2011 telah dilakukan kegiatan pembelajaran di ruang 307 dengan narasumber Pak Amril selaku dosen mata kulia Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Pertemuan kali itu membahas tentang Place, bagaimana placing dalam institusi pendidikan, marketing promotion + communication, dll.
Place merupakan pendistribusian suatu barang atau produk dari produsen ke konsumen. Pendistribusian ini bisa dilakukan dengan cara (1) langsung,  dijual sendiri di toko atau outlet dengan cara sewa atau milik sendiri; (2) intermediatery, produk didistribusikan ke agen, supermarket, atau toko pihak ketiga, jika produsen ingin mendistribusikan ke tempat tersebut, maka harus dilakukan pembagian hasil antara kedua belah pihak; (3) hybrid; cara pendistribusian campuran, jadi selain produsen membuka toko sendiri, produsen juga mendistribusikan ke agen; (4) telemarketing, pendistribusian dengan melakukan penawaran terlebih dahulu, seperti di Bank, pihak Bank akan menelpon calon konsumen dengan menawarkan produk-produknya, asuransi, kartu kredit; (5) MLM, sistem orang berjenjang, jadi dalam pendistribusian barangnya dilakukan dengan cara mengajak orang untuk bergabung dalam sebuah perusahaan, contoh oriflame; serta (6) E-commerce, melakukan penawaran barang dengan cara on-line, contoh kaskus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar