KUALITAS
UNJ, Jakarta. Pada hari Rabu, 25 Mei 2011 telah dilakukan kegiatan pembelajaran di ruang 307 dengan narasumber Pak Amril selaku dosen mata kulia Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Ada yang berbeda pada pertemuan kali itu karena beberapa mahasiswa di antara kami diberikan kesempatan untuk mempresentasikan usaha yang dilakoninya selama ini. Seperti Tuti Alfiani dan Khusnul Dewi yang mempresentasikan mengenai Oriflame, Nova Zaline dan Pratiwi Endah terkait Sophie Paris, dan Evi Retno Wardani yang mempresentasikan tentang Mc Donal sebagai bisnis Franchaise.
Setelah mereka mempresentasikan usahanya, dosen kami memulai perkuliahan dengan membahas mengenai KUALITAS. Kualitas produk maupun jasa dapat dikatakan baik apabila (1) satu-satunya atau jumlah yang diproduksi hanya sedikit, atau bisa juga tiada saingannya karena yang memproduksi hanyalah perusahaan itu saja, lalu yang (2) mengacu pada standar atau berubah-ubah tergantung pada situasi dan perkembangan zaman. Perusahaan baju agar tidak dikatakan ketinggalan zaman haruslah mengikuti mode yang sedang berlangsung di saat itu, jangan hanya monoton di mode yang itu-itu saja. Dan yang (3) costumer satisfaction. Ini merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan kualitas suatu barang. Karena produk dapat dikatakan mempunyai kualitas apabila orang tersebut puas setelah menggunakannya.
Costumer satisfaction berhubungan dengan costumer behaviour atau perilaku pelanggan. Sebagai contoh pelanggan biasanya akan membeli barang yang baru. Oleh karena itu produsen haruslah melakukan penyesuaian terhadap perilau pelanggan tersebut dengan memperbaharui produk yang dipasarkannya, atau biasa disebut dengan marketing intelegent.

Kurikulum Sarana SDM Harga![]() | |||
Daya tahan Promosi Lokasi Kemasan

Tidak ada komentar:
Posting Komentar