silakan dilihat lihat

Jumat, 10 Juni 2011

menganalisis kebijakan harga


PRICING
UNJ, Jakarta. Pada hari Rabu, 11 Mei 2011 telah dilakukan kegiatan pembelajaran di ruang 307 dengan narasumber Pak Amril selaku dosen mata kulia Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Pertemuan kali itu membahas tentang Pricing, faktor apa saja yang berpengaruh dalam penetapan harga, pendekatan-pendekatan saat menetapkan harga, dll.
Apa itu harga? Harga merupakan sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari kepemilikan atau pengguna jasa. Adapula definisi lainnya, yaitu sejumlah uang yang ditukarkan untuk mendapatkan sebuah produk. Suatu produk sebelum dijual harus ditetapkan harganya terlebih dahulu, agar konsumen dapat mengetahui berapa harga dari sebuah produk yang akan dijual.
Rumus yang dapat digunakan dalam menetapkan sebuah harga ialah sebagai berikut :
COST = Harga pokok
    BB + TKL + OH + Laba
Ket :    BB      = bahan baku
            TKL     = tenaga kerja langsung
            OH      = overhead
1000 unit                                                                                           10.000.000
Bahan baku                                                                                        2.000.000
Tenaga kerja langsung                                                                       500.000  +
Overhead                                                                                          12.500.000
Laba 20%                                                                                            2.500.000  +
                                                                                                            15.000.000
Harga 15.000.000 / 1000 unit = 15.000

Faktor-faktor dalam menetapkan harga
INTERNAL FACTOR
PRICING DECISION
EXTERNAL FAKTOR
 

                                                                                                                                          

INTERNAL FACTOR
Merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penetapan harga di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Yang memengaruhinya antara lain :
·      Marketing mix strategy
Melihat pemilihan dari tempat dan promosi. Harga sebuah produk yang ditetapkan di mall atau outlet akan jauh berbeda dan lebih mahal ketimbang produk yang dipasarkan di pasar. Karena di mall produsen melihat bahwa yang membeli adalah dari kalangan menengah atas dan kalangan atas.
·      Marketing objectiv
Melihat dari tujuan dari pemasaran produk atau jasa. Sebagai contoh kampus UNJ, UNJ merupakan kampus negeri yang bersifat memberikan pelayanan bagi masyarakat dan tidak mementingkan materi semata. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan kampus lain, UNJ biaya kuliahnya lebih terjangkau.
·      Organizational consideration
Menentukan harga dengan melihat pertimbangan-pertimbangan dalam suatu organisasi.
ü Sumber Daya Manusia (orang)
ü Produk (kemasan outlet)
ü Coverage ( kemasan dan outlet)
EXTERNAL FACTOR
Merupakan faktor-faktor yang memengaruhi dalam penetapan harga yang berasal dari luar organisasi atau lingkungan sekitar. Berikut ini adalah yang memengaruhinya :
·      Market
Pasar ada yang sifatnya ;
ü Pure competition, produsen menetapkan sendiri. Contoh pasar
ü Monopoli, contoh PLN, karena PLN merupakan perusahan satu-satunya yang bergerak dibidang listrik bagi masyarakat, oleh karena itu harganya pun hanya ditetapkan oleh PLN, baik penaikkan maupun kebijakan barunya
ü Oligarki, sekelompok perusahaan yang bergerak dibidang yang sama saling bergabung untuk bekerja sama dan menetapkan harga
·      Demand
Kekuatan permintaan juga dapat menentukan harganya.
Permintaan naik, penawaran tetap, harga naik
Permintaan turun, penawaran tetap, harga turun
·      Competition
Persaingan dalam menawarkan sebuah produk dengan memberikan kualitas yang baik atau harga murah kepada pelanggan. Contoh KFC dan AW
·      Other
ü Politik : contoh kerusuhan PILKADA
ü Sosial : contoh kerusuhan SARA
ü Hukum : contoh makanan yang telah berstempel halal, harganya akan menjadi mahal
ü Ekonomi : contoh fakultas ekonomi dengan fakultas ilmu pendidikan biaya masuknya lebih mahal
ü Geografi : contoh harga produk yang dipasarkan di daerah pegunungan biayanya lebih mahal karena kesulitan untuk menjangkau daerah pedalaman

Tiga pendekatan dalam menetapkan harga
1.  Cost-based pricing
Semakin banyak produksi, maka harga barangnya pun akan semakin murah
2.  Value-based pricing
Jika kelompok konsumen adalah masyarakat dari kalangan atas / kaya, maka harganya akan mahal
3.  Competition-based pricing
Competitor dijadikan sebagai dasar dalam menentukan harga
Price Adjustment Strategy
·         Discount + Allowance, strategi ini dengan cara memberikan tuker tambah kepada suatu produk, barang lama akan ditukarkan dengan barang yang baru jika membayar sejumlah harga
·         Segmented pricing
·         Psychological pricing
Harga 5.020 dengan 5.000 sebenarnya harganya tidaklah jauh beda, namun orang akan lebih memilih produk dengan harga 5.000 karena mereka pikir harga tersebut lebih murah
·         Promotional price
Memberikan promosi karena baru membuka usaha atau berjualan
·         Geografic price
Harga berbeda karena lokasi berbeda
·         International price

Tidak ada komentar:

Posting Komentar