PRODUK
Jakarta, 20 April 2011. Perkuliahan ini berbicara mengenai Positioning dengan Pak Amril Muhammad sebagai pemberi materinya. Pada pertemuan kali itu, beliau banyak menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan produk.
Dalam competitive advantage, terdapat empat unsur, antara lain product, service, personel, dan image. Sedangkan communicating dan delivering ialah proses memberikan barang atau produk dari produsen ke konsumen, salah satunya dalam Online Shop. Sering kali pada saat kita berurusan dengan pembelian barang dengan Online Shop, kita merasa kecewa dengan barang yang yang sampai ke tangan kita karena barang yang telah sampai ke tangan kita tidak sesuai dengan bentuk dalam iklan. Selain itu proses pengiriman yang memakan waktu yang lama, dan kadang pula terjadi penipuan dari seorang produsen dan bahkan dari konsumen itu sendiri.
Seorang konsumen maupun produsen pada saat memilih dan menjual suatu barang haruslah memikirkan hal-hal sebagai berikut :
1. Product attributes, kelengkapan dalam suatu produk
· Kualitas, dalam suatu produk haruslah memikirkan daya tahan yang dimiliki dalam suatu produk
· Fitur, tambahan-tambahan sebagai pendukung dalam suatu produk
· Desain, gaya yang terdapat dalam suatu produk. Contoh : feminin dan sporty
2. Brand, brand sangatlah penting dalam suatu produk, sebagai tanda dan symbol agar masyarakat dapat mengetahuinya. Brand equity, brand sponsor, dan CO brand.
3. Packaging, dalam packaging terdapat container (isi) dan wrapper (pembungkus) pada produknya.
4. Labelling, nama yang sudah melekat padasebuah produk di dalam masyarakat. Orang biasa menyebut AQUA pada air mineral yang diminumnya, padahal yang diminumnya itu ialah VIRO.
5. Product support service, merupakan pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh perusahaan pada produknya. Misal, handphone yang dibeli telah rusak, maka counter akan memberikan servis terhadap handphone tersebut..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar